Senin, 25 November 2013

Performing Art dalam Menyemarakan Soloraya Creative Expo 2013



Event Soloraya Creative Expo yang berlangsung mulai tanggal 20 – 24 November 2013 yang lalu telah menyedot perhatian dari warga Kota Solo sendiri bahkan hingga turis mancanegara dan sejumlah kedutaan besar asing di Indonesia. Dalam event ini ditampilkan berbagai macam produk – produk kreatif dari para pengusaha se-Soloraya. Selain produk – produk kreatif, turut ditampilkan pula kreasi – kreasi seni dalam pertunjukan seni yang meriah.

Performing arts sendiri ditampilkan dalam expo ini dalam rangka untuk turut memeriahkan expo yang digelar. Pertunjukan seni ini dilaksanakan di panggung utama tepatnya di venue Benteng Vastenburg. Dengan kehadiran performing arts tersebut terbukti efektif mampu meningkatkan jumlah pengunjung expo khusunya yang digelar pada venue Benteng Vastenburg. Coba kita bayangkan jika performing arts tersebut tidak ada, pasti suasana expo akan menjadi sepi.



Pertunjukan seni sendiri digelar setiap hari mulai hari pertama hingga hari terakhir. Biasanya pertunjukan tersebut akan dimulai pada pukul 19.00 dan berakhir pada pukul 22.00. Pengisinya sendiri merupakan sanggar – sanggar seni se – Soloraya mulai dari Sukoharjo, Kota Solo sendiri hingga Boyolali dan Klaten. Mereka menampilkan pertunjukan terbaik demi menghibur para pengunjung yang hadir dalam expo yang digelar. Ada yang menarik disini ketika saya ketahui bahwa para penampil tersebut bersifat voluntary (sukarela) alias tidak dibayar. Meskipun tidak dibayar tetapi para artis tersebut dapat tampil maksimal dan profesional di atas pentas.

Suasana bertambah meriah ketika para pengunjung yang menyaksikan dapat berinteraksi langsung dengan artis – artis diatas panggung dengan menggunakan media “kenthongan”. Hal ini jelas menambah semangat para artis yang tampil di panggung. Konsep ini menurut saya sangat menarik dan mungkin dapat diadopsi pada event – event yang akan digelar selanjutnya di Kota Solo ini.

Konsep pameran dan pertunjukan seni merupakan gabungan konsep yang sangat unik dan menarik. Terbukti kolaborasi keduanya mampu memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat Kota Solo. Dan dengan kolaborasi tersebut, pengunjung yang datang pun dapat terus bertambah setiap harinya. Kini Soloraya Creative Expo 2013 telah resmi ditutup, penulis berharap akan ada event serupa yang akan memerihakan Kota Solo kembali di tahun mendatang. Salam budaya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar